Thursday, July 16, 2009

'AQIDAH

Kita akan mulai pencerahan ini dengan Aqidah Islam yang benar.

Pengertian Aqidah menurut Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

A. Definisi Aqidah.

Aqidah menurut bahasa arab (etimologi) berasal dari kata al-aqdu yang berarti ikatan, at-tautsiiqu yang berarti kepercayaan atau keyakinan yang kuat, al-ihkaamu yang artinya mengkokohkan (menetapkan), dan ar-rabthu biquwwah yang berarti mengikat dengan kuat.

Sedangkan menurut istilah (terminology) yang umum, aqidah adalah iman yang teguh dan pasti, yang tidak ada keraguan sedikit pun bagi orang yang meyakininya.

Aqidah islamiyah adalah keimanan yang teguh dan bersifat pasti kepada ALLAH SWT, dengan segala pelaksanaan kewajiban, bertauhid dan taat kepada-NYA, beriman kepada Malaikat-malaikat-NYA, Rasul-rasul-NYA, Kitab-kitab-NYA, hari akhir, takdir baik dan takdir buruk dan mengimani seluruh apa-apa yang telah shahih tentang prinsip-prinsip agama, perkara-perkara yang ghaib , beriman kepada apa yang menjadi ijma (consensus) dari salafush shalih, serta seluruh berita-berita qath’i (pasti), baik secara ilmiah maupun amaliyah yang telah ditetapkan menurut Al-Quran dan As-Sunnah yang shahih serta ijma salafush shalih

B. Penamaan Aqidah menuruh Ahlus Sunnah

1. Al-Iman
Aqidah disebut juga dengan al-iman, sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Quran dan hadits-hadits nabi, karena aqidah membahas rukun imanyang enam dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

2. I,tiqaad dan ‘Aqaa-id
Para ulama ahlus sunnah sering menyebut ilmu aqidah dengan istilah aqidah salaf: Aqidah ahlul atsar dan al-I’tiqaad

3. Tauhid
Aqidah dinamakan juga tauhid karena pembahasannya berkisar seputar tauhid atau pengesaan ALLAH didalam Rububiyyah, Uluhiyyah dan Asma’ wa Shifat.

4. As-Sunnah
As-Sunnah artinya jalan. Aqidah Salaf disebut As Sunnah karena para penganutnya mengikuti jalan yang ditempuh oleh Rasulullah dan para sahabat, di dalam masalah aqidah

5. Ushuluddin dan Ushuluddiyanah
Ushul artinya rukun-rukun iman, rukun-rukun islam dan masalah-masalah yang qath’i serta hal-hal yang telah menjadi kesepakatan para ulama

6. A-Fiqhul Akbar
Ini adalah nama lain dari Ushuluddin

7. Asy-Syari’ah
Maksudnya adalah segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh ALLAH SWT dan Rasul-NYA berupa jalan-jalan petunjuk, terutama dan yang paling pokok adalah Ushuluddin (masalah-masalah aqidah)

No comments: